Selamat Datang di ROBY PANDIN Blog
Home » » Kendala Non Teknis Dalam Pemboran

Kendala Non Teknis Dalam Pemboran


Selain daripada kendala teknis yang dialami, kendala non-teknis pun sering dijumpai saat proses pengeboran di lapangan. Keberadaan kendala ini biasanya sangat mempengaruhi kemajuan proses pengeboran. Beberapa kendala tersebut diantaranya adalah :

Kendala non teknis dalam pemboran

1.  Lokasi Base-camp (tempat tinggal sementara bagi tim pengeboran)
Pada daerah tertentu kondisi keberadan base-camp ini harus benar-benar aman. Aman dari gangguan yang berasal dari manusia lain di sekitar lokasi, dan juga gangguan yang dapat muncul dari binatang-binatang buas yang berada di sekitar lokasi tersebut. Adanya kendala-kendala ini akan sangat mempengaruhi kinerja, serta kondisi psikologis, dan ketenangan terhadap tim pengeboran yang akhirnya akan  menghambat proses pekerjaan pengeboran. 

2. Keberadaan Titik Lokasi Pengeboran 
Keberadaan titik pengeboran harus terletak pada lokasi atau daerah yang bebas dari masalah kepemilikan, seperti tanah daerah sengketa, daerah-daerah yang dilindungi (cagar alam / budaya), dll. Kendala ini keberadaannya akan sangat mempengaruhi proses pekerjaan pengeboran terutama apabila pekerjaan pengeboran sudah berjalan. 

3.  Kegiatan Pengeboran
Proses kegiatan pengeboran harus diusahakan tidak mengganggu situasi dan kondisi lingkungan setempat, terutama jika terletak di daerah pemukiman. Sehingga jam-jam kerja harus diatur agar pada waktu tertentu di luar jam kerja dapat dimanfaatkan sebagai kerja lembur, dengan tujuan untuk mempercepat proses pengeboran selesai dengan target yang telah ditetapkan sesuai harapan.

4.  Kondisi Kesehatan Tim Pengeboran

Hal ini harus selalu diperhatikan dan diantisipasi agar mereka dapat bekerja secara kontinyu dan tidak terhenti karena adanya gangguan kesehatan dari salah satu tim pengeboran. Hal ini akan sangat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi kerja pengeboran.


0 komentar:

Posting Komentar